Selasa, 23 Februari 2010

E-COMMERCE




















E-COMMERCE


Electronic Commerce (E-Commerce) didefiniskan sebagai proses pembelian dan penjualan produk,jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer.Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan e-commerce dari beberapa perspektif,yaitu
  • dari perspektif kominkasi, e-commerce adalah pengiriman informasi,produk/jasa,atau pembayaran yang dilakukan melalui jaringan telephon atau jalur komunikasi lainnya.
  • dari perspektif proses bisnis, e-commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow
  • dari perspektif pelayanan, e-commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang
  • dari oerspektif online, e-commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.

Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology(2005) menyatakan e-commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis e-commerce net, e-commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan atau jasa melalui internet.Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini,seperti komputer service,produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produkyang dijual, cara promosi dsb.

Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi,subjek,dan objek yang terlibat,serta media yang digunakan(dalam hal ini internet).Perkembangan teknologi informasi terutama internet,merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce.Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia,sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi anatara satu dengan yang lainnya diseluruh dunia.Dengan menghubungka jaringan komputer perusahaan dan internet,peruasahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau komsumen secara lebih efisien.Samapi saat ini internet merupakan infrakstruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce,sehingga istilah e-commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisinis di internet.

Pertukaran informasi dalan e-commerce dilakukan dalam format digital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan.Dengan menggunakan sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi,transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dalam waktu yang singkat.Akibatnya informasi yang di inginkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan.Dengan melakukan bisnis secara elektronic perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikelurkan untuk keperluan pengiriman informasi.Proses pengiriman informasi yang dilakuakn secara cepat juag mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.Dengan mengunakan teknologi,e-commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis.Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengaharuskan perusahaan untuk dapat merespon.Penggunaan e-commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan,sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar